Berita Detail

blog

Leuwi Liyet, Green Canyon Milik Bogor

Mendengar nama Green Canyon mungkin akan membawa kita ke salah satu tempat wisata yang terletak di Pangandaran dengan panorama alam barisan tebing yang menjulang tinggi dengan hamparan air mengalir yang berwarna hijau. Namun, di wilayah Sentul terdapat sebuah lokasi yang hampir mirip dengan Green Canyon yang bernama Leuwi Liyet.

Tentu saja tempat ini ada sedikit perbedaan dengan Green Canyon yang terdapat di wilayah Pangandaran. Di Leuwi Liyet terdapat tebing yang berbentuk huruf U dan tidak terlalu tinggi dengan hamparan air mengalir yang berwarna hijau toska namun sangat jernih, sementara di sisi kanan tebing terdapat aliran air yang mengalir layaknya air terjun mini dihiasi dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar tebing.

Lokasi Leuwi Liyet terdapat di atas Leuwi Hejo dan Curug Barong yang saat ini menjadi primadona lirikan baru wisata di kawasan Sentul oleh para traveller. Jika posisi Leuwi Hejo terdapat di spot paling bawah, Curug Barong berada di spot tengah, maka Leuwi Liyet berada di spot paling atas dengan jalur trekking yang berbeda.

Untuk mencapai ke lokasi Leuwi Liyet membutuhkan tenaga ekstra karena medan trekking yang sedikit menanjak dengan tekstur tanah yang berwarna coklat yang berpasir dan sedikit licin, melewati jalan setapak yang sudah dibentuk oleh si pemilik tanah dengan panorama alam perkebunan di sisi kanan dan kiri dan alunan gemericik suara air dari kejauhan.

Untuk mencapai ke Leuwi Liyet, harus menyebrangi aliran air Leuwi Cipet dengan kedalaman awal sepaha lalu sedada, kemudian 2 meter. Beberapa teman berjalan di pinggir kemudian menaiki tebing tersebut yang sudah terbentuk tangga secara alami untuk menghindari kedalaman air lalu melanjutkan trekking dengan jarak yang tidak begitu jauh.

leuwi liyet2

Surga tersembunyi lainnya yang berada di wilayah Karang Tengah 6, Sentul yang menyajikan panorama alam yang sangat luar biasa indah. Lokasi Leuwi Liyet masih sangat jarang dikunjungi oleh orang banyak karena tempat yang sangat tersembunyi. Sementara, Curug Barong dan Leuwi Hejo sudah banyak pengunjungnya.

Jalur Akses Leuwi Cipet & Leuwi Liyet

Jika Anda dari Jakarta menggunakan mobil, masuk tol jurusan Bogor lalu keluar di pintu tol Sentul. Arahkan mobil Anda ke arah Sirkuit Sentul lalu belok kanan lurus terus sampai ketemu pertigaan Gedung SCC. Anda belok kiri lurus terus ikutin jalan sampai ketemu Gerbang Depan Jungle Land. Dari Gerbang Jungle Land, Anda lurus terus naik menanjak ke wilayah Karang Tengah 6, sampai ketemu pertigaan. Kalau ke kanan ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Anda belok kiri lurus terus sampai ketemu jembatan kayu masih lurus terus ikutin jalan utama sampai ketemu masjid berwarna biru di kiri jalan lalu 200 meter ke depan ada sebuah warung, Anda belok kanan (Posyandu rumah pak RT) lalu parkirkan kendaraan Anda di rumah Pak RT dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 - 45 menit menuju Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet.

Tiket masuk Rp 10.000 dan uang parkir motor Rp 5.000, saya menyarankan untuk membawa motor melalui jalur Jl. Raya Bogor (Cibinong), lalu belok kiri di lampu merah Sentul, sebab saat memasuki wilayah Karang Tengah 6 jalanan masih rusak (offroad). Untuk menuju lokasi Leuwi Liyet, Anda ambil jalur menuju Curug Barong, sesaat ingin sampai Curug Barong nanti akan ada jalan setapak menuju keatas, Anda ambil jalur keatas.

Saran: Jika ingin berkunjung ke Leuwi Liyet dan Leuwi Cipet bilang saja mau berkunjung ke Curug Barong untuk menghindar diwajibkan memakai GUIDE sebab jalurnya sudah tersedia dan mudah di lalui.